Casual Culture
Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar "Supporter bola" ? tentu saja
kalian pasti akan tertuju pada pendukung salah satu tim dari olahraga bola sepak,
bukan bola basket, bola tennis, atau pun bola takraw. Dari kata
tersebut pula, imajinasi kita mungkin akan menggambarkan sekelompok
orang yang berada di sekeliling lapangan di dalam stadion maupun di
depan televisi untuk menyaksikan tim kesayangannya bertanding.
Pertanyaan selanjutnya, sesempit itukah ?
Jika kita mendalami kata "Supporter bola" tersebut, ternyata memiliki
bahasan yang cukup kompleks dan luas, mulai dari sejarah, pengelompokan,
kultur, rivalitas, chants, warna, dan lain-lain.
Berdasarkan pengelompokkannya, jenis supporter bisa terbagi-bagi
berdasarkan kultur dan cara mendukung tim mereka. Menarik untuk
mengenal lebih jauh mengenai ciri khas dari masing-masing macam
supporter, mulai dari cara berpakaian, tindakan, serta kreativitas dalam
mendukung tim saat berada di area stadion.
Kita mulai dari subkultur Casual.
Merupakan subbagian dari budaya asosiasi sepak bola yang ditandai oleh
hooliganisme sepak bola dan mengenakan pakaian desainer mahal Eropa.
Subkultur berasal di Inggris pada akhir 1970-an ketika banyak
hooligan mulai memakai label desainer dan olahraga mahal untuk
menghindari perhatian polisi. Mereka tidak memakai warna klub, sehingga
lebih mudah untuk menyusup kelompok saingan dan untuk masuk ke pub.
Sejarah Casual.
Subkultur kasual dimulai pada akhir 1970-an setelah penggemar Liverpool FC danEverton FC memperkenalkan seluruh Inggris pada mode Eropa yang mereka perolehsaat mengikuti tim mereka di pertandingan Eropa. Fans ini tiba kembali di Inggris dengan desainer olahraga mahal dari Italia dan Perancis, yang sebagian besarmereka jarah dari toko. Para penggemar membawa kembali banyak merek pakaianunik yang tidak pernah terlihat di negara ini sebelumnya. Kemudian penggemarlainnya kaget terhadap barang-barang pakaian langka, seperti pakaian Lacoste atauSergio Tacchini, bahkan Adidas. Pada saat itu, pasukan polisi masih banyakmengawasi supporter skinhead yang mengenakan sepatu Dr Martens, dan tidak memperhatikan fans dengan desainer pakaian mahal.
Pada 1980-an, label pakaian yang terkait dengan casual terdiri dari: Ellesse,Pringle, Burberry, Fila, Stone Island, Umbro, CP Company, Fiorucci, Pepe,Benetton, Ralph Lauren, Henri Lloyd, Lyle & Scott, Ben Sherman, Fred Perry, Kappa dan Slazenger. Tren fashion sering berubah, dan subkultur kasual mencapai puncaknya pada akhir 1980-an.









Pada pertengahan 1990-an, subculture casual mengalami
kebangkitan, tetapi penekanan gaya telah berubah sedikit. Banyak
penggemar sepak bola mengadopsi tampilan casual sebagai semacam seragam,
mengidentifikasi mereka sebagai berbeda dari pendukung klub biasa. Merk
pakaian terkenalnya adalah Stone Island,Aquascutum, Burberry, Lacoste, Prada, Façonnable, Hugo Boss, Maharishi,Mandarina Duck dan Dupe.
Pada akhir 1990-an, banyak pendukung sepak bola mulai bergerak menjauh
dari merk yang dianggap seragam, karena perhatian polisi bahwa merk ini
menarik. Beberapa desainer juga menarik desain tertentu setelah desain
mereka termasuk kedalam casual.
Busana casual mengalami peningkatan popularitas di tahun 2000-an, seperti yang dilakukan musik Inggris seperti The Streets dan The Brothers Mitchell dengan menggunakan pakaian olahraga casual pada video musik mereka. Budaya casualtelah disorot oleh film dan program televisi seperti ID, The Firm, The Football Factorydan Green Street.
Meskipun beberapacasual terusmengenakan pakaianStone Island di tahun 2000-an, banyak yangterlepas lencanakompas sehinggamenjadi kurang jelas.Namun, dengan dua jahitan masih menempel, orang yang tahu masih bisamengenali item pakaian.Label pakaian lain yang terkait dengan casual di tahun 2000 terdiri dari: Adidas, Lyle & Scott, Fred Perry, Armani, Lambretta, Lacoste, nudie Jeans, Edwin dan Superga. Banyak casual telah mengadopsi tampilan yang lebih halus dan underground, menghindari merek pakaianyang lebih utama untuk label pakaian independen.


Berikut beberapa contoh Ultras Eropa yang menggunakan budaya Casual, pakaian yang digunakan berdasarkan perubahan jaman di era modern.
Feyenord Rotterdam
Barusan merupakan contoh Firm yang melakukan budaya casual di Eropa sana. Namun, supporter di Indonesia pun mulai marak mengadopsi budaya yang lahir di Inggris tersebut. Sejauh ini yang saya tahu ada beberapa di klub Indonesia, diantaranya Jakarta Casual (JC) untuk Persija, Flower City Casuals (FCC) untuk Persib, MVMNT untuk Arema.
![]() |
Hands In The Air |
![]() |
FCC |
![]() |
FCC |
Budaya jalan kaki menuju stadion juga diperlihatkan firm ini yang mengikuti kultur eropa khususnya di inggris ini, begitu juga dengan penggunaan jaket di Bandung memang cocok dari segi iklimnya karena cukup sejuk. Menarik!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar